Komunitas Belajar (Kombel) dengan fokus pada “Strategi dan Program Penguatan Literasi dan Numerasi pada Pendidikan Dasar” hadir sebagai wadah kolaboratif bagi para pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang berfokus pada kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Literasi dan numerasi merupakan fondasi utama dalam proses belajar sepanjang hayat. Oleh karena itu, penguatan di dua aspek ini menjadi kunci keberhasilan pendidikan di tingkat dasar.
Kegiatan dalam kombel ini mencakup berbagi praktik baik antar guru, diskusi strategi pembelajaran kontekstual, pengembangan media ajar yang menarik dan efektif, serta evaluasi program penguatan yang telah diterapkan. Para anggota kombel diharapkan dapat saling menginspirasi dan memberikan dukungan melalui refleksi dan aksi nyata dalam proses pembelajaran di kelas. Pendekatan yang digunakan menekankan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan berpusat pada peserta didik.
Selain itu, dalam program ini juga dikembangkan berbagai strategi inovatif seperti literasi berbasis projek, numerasi kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta integrasi teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. Dengan melibatkan berbagai pihak seperti kepala sekolah, pengawas, serta orang tua, program ini diharapkan berdampak luas terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara menyeluruh.
Harapan ke depannya, kombel ini dapat menjadi gerakan bersama dalam membangun budaya literasi dan numerasi yang kuat di satuan pendidikan dasar. Guru tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga pembelajar yang terus tumbuh, berefleksi, dan berinovasi. Melalui komunitas ini, diharapkan muncul lebih banyak guru yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, transformatif, dan adaptif terhadap kebutuhan zaman.
Dengan komitmen bersama dan semangat kolaboratif, penguatan literasi dan numerasi tidak hanya menjadi program, tetapi juga menjadi budaya dalam ekosistem pendidikan yang berkelanjutan.